Tampil Fantastis! Inilah Versi Produksi Dari Bugatti La Voiture Noire

Bugatti La Voiture Noire merupakan salah satu mobil termahal di muka bumi ini dengan harga mencapai $18.7 juta saat peluncurannya. Uniknya, mobil ini ternyata hanya dijual 1 unit saja dan proses produksinya memakan waktu yang cukup lama sekitar 65.000 jam atau setara dengan 7 tahun 4 bulan untuk membuat satu unit nya.

Bugatti yang serba hitam ini awalnya dipamerkan pada Maret 2019 di Geneva Motor Show sebagai mobil konsep yang bergulir dengan tenaga listrik. Bugatti La Voiture Noire dibuat berdasarkan model Type 57 SC Atlantic yang diproduksi tahun 1930-an sebagai bentuk penghormatan pada mobil tersebut. 

Pada dasarnya, struktur body mobil edisi terbatas ini dibangun menggunakan basis Bugatti Chiron, dengan penambahan bodywork yang lebih impresif. Mengingat ini adalah mobil spesial, ada beberapa perbedaan La Voiture Noire dengan Chiron, dimana salah satunya adalah sisi samping La Voiture Noire yang tidak memiliki bentuk pintu C-type ciri khas Bugatti.

Nils Sajonz selaku kepala special project di Bugatti Design mengatakan bahwa dirinya bersama tim telah mencurahkan seluruh daya dan upaya untuk menghadirkan mobil ini. Dia juga mengungkap bahwa mereka memberikan sedikit perubahan dari versi konsepnya, tapi hal tersebut tidaklah banyak mempengaruhi performa mobil.

“Bagi kami, tantangan terbesar adalah menjaga versi produksinya sedekat mungkin dengan mobil pameran. Dalam hal proporsi, kami berusaha untuk tetap menyerupainya, namun ada beberapa hal teknis yang berubah tapi tidak terlalu banyak. Tipe 57 Atlantic adalah GT pamungkas, maka kami pastikan jika penerusnya akan menjadi sesuatu yang lebih sempurna,” ujar Sajonz.

Untuk dapur pacunya sendiri mobil ini menggunakan mesin yang sama dengan Bugatti Chiron Sport mengingat mereka pada dasarnya adalah kakak-adik. Mesin tersebut merupakan mesin W16 8.000 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 1.500 hp dengan torsi 1.599 Nm.

Tinggalkan komentar