Prestige Motorcars Hadirkan Taksi Udara EHang 216 Ke Indonesia

Prestige Motorcars dikabarkan telah memperkenalkan kendaraan jenis baru, yaitu Autonomous Aerial Vehicle (AAV) kelas penumpang berbasis listrik, bernama EHang 216. Kendaraan tersebut pertama kali diperkenalkan dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.

Prestige Motorcars berharap kerjasama mereka dengan EHang dapat memperkenalkan solusi kendaraan bebas macet khususnya di perkotaan. Seperti diketahui, model mobilitas AAV (Autonomous Aerial Vehicle) dipercaya dapat menjadi sarana transportasi yang lebih efisien dan juga ekonomis.

Dibalik penampakannya yang sangat mirip dengan drone, EHang 216 ini diklaim mampu mengangkut penumpang untuk terbang ke udara. Yang membuat kendaraan ini semakin hebat, EHang 216 merupakan taksi udara yang bebas emisi, sehingga kehadirannya tidak akan mengotori langit biru di Indonesia. 

EHang 216 diketahui menggunakan jaringan 4G/5G sebagai jaringan untuk berkomunikasi dengan pusat komando dan kendali, memungkinkan kendaraan ini dapat dikendalikan dari jarak jauh secara real time. 

Kendaraan ini juga memiliki kapasitas muatan maksimum hingga 220 kg dengan kecepatan tertinggi mencapai 130 km/jam. Untuk mengisi daya nya, EHang 216 dapat diisi menggunakan charger bermuatan 220v atau 380v, dan akan terisi penuh sekitar 1,5 jam.

Yang membuat kendaraan ini semakin unik adalah, EHang 216 memiliki 16 baling-baling dan 8 lengan yang bisa dilipat, sehingga memungkinkan kendaraan ini dapat secara efektif menghemat area parkir karena hanya akan memakan lahan seluas 5 m².

EHang 216 juga sudah dilengkapi dengan dua tablet 9,7 inci yang terintegrasi dengan berbagai teknologi pintar termasuk informasi perjalanan, kontrol media, navigasi satelit, media penerbangan, yang semuanya dapat ditampilkan di tab berbeda untuk pengoperasian yang lebih intuitif.

Unit pertama dari EHang 216 diperkirakan akan tiba di Jakarta pada pertengahan tahun 2021. Setibanya di Jakarta, kendaraan ini akan menjalani serangkaian tes dengan regulator setempat.

Tinggalkan komentar